Selasa, 16 Agustus 2011

Mengenal dan Memahami Kepribadian

Selama ini kita mengenal orang dari kepribadian mereka. Ada orang yang mudah bersahabat, pendiam, keras, pemarah, pendendam, penyabar, santai, perfeksionis ( menuntut kesempurnaan ), penggembira, optimis, pesimis, dan masih banyak istilah lain yang menggambarkan diri seseorang. Kalau diamati sekilas, kelihatannya akan cukup sulit untuk bisa mempelajari dan memahami kepribadian seseorang. Dulu saya juga merasa seperti itu. Dulu saya selalu kagum dan takjub pada orang yang bisa “membaca” kepribadian orang lain.

Tapi, ternyata setelah melalui sedikit upaya dan bertanya ke sana-sini, belajar dari berbagai sumber, akhirnya kini saya mengerti bahwa kepribadian itu mempunyai suatu pola. Pola yang akan terlihat sangat sulit dimengerti bagi orang yang tidak mengerti cara membacanya, tetapi bagi mereka yang telah belajar dan mengerti cara membaca pola itu, mereka juga dapat “membaca” orang lain.

Setelah mempelajari beberapa teori mengenai kepribadian, akhirnya saya memutuskan untuk mendalami satu teori yang sudah cukup popular. Alasannya adalah karena teori ini lebih sederhana, mudah dimengerti oleh orang awam. Dan teori ini sudah saya buktikan sendiri dalam membantu perkembangan diri saya di bidang bisnis, kehidupan berkeluarga, dan yang lebih penting lagi adalah dalam mendidik anak.
Adi W. Gunawan

1 komentar: