Selasa, 16 Agustus 2011

Tipe Kepribadian Sanguin

Orang sanguin dikenal ramah dan sangat suka berbicara. Mereka bisa berbicara kepada siapa saja dengan menggunakan topik apa saja. Mereka penuh inspirasi dan juga sangat aktif. Dengan kemampuan bicara yang prima, orang sanguin dapat mempengaruhi orang lain untuk percaya pada apa yang mereka katakan. Mereka bisa menjadi pembicara yang hebat dan sekaligus motivator yang menyenangkan. Sikap mereka cenderung optimis.

Selain pintar mempengaruhi orang lain, orang sanguin ternyata juga mudah dipengaruhi. Berbeda dengan orang koleris yang sangat suka memegang kendali atau menjadi pemimpin, orang sanguin cenderung menjadi pengikut. Mereka memiliki dorongan yang sangat besar agar semua orang menyukai mereka, sehingga mereka mau melakukan apa saja untuk menyenangkan hati orang lain.

Orang sanguin adalah orang yang pintar membuat kesan. Mereka biasanya mempunyai banyak sekali kawan dan mengenal banyak orang penting. Mereka sangat menyukai kehidupan sosial di mana mereka bisa bertemu dengan orang lain dan terlibat dalam pembicaraan. Orang sanguin juga mempunyai rasa humor yang tinggi. Hal ini membuat mereka disukai oleh setiap orang yang mereka ajak bicara. Ditambah lagi dengan antusiasme dan sikap yang ekspresif, mereka selalu menjadi bintang dalam setiap pertemuan.

Selain senang bersosialisasi, orang sanguin sangat suka menjadi pusat perhatian atau menjadi orang penting. Mereka sangat menyukai pujian dan perhatian. Mereka adalah orang yang mempunyai impian-impian besar serta sangat kreatif dalam merencanakan sesuatu. Namun, sayangnya, mereka hanya pintar bermimpi dan berencana tetapi kurang terdorong untuk mewujudkan impian dan rencananya. Di samping itu, orang sanguin sering tidak disiplin dan pelupa. Jumlah orang sanguin dalam masyarakat berkisar 25 % - 30 % dari total populasi.

Orang sanguin mempunyai kebutuhan mendasar berupa pengakuan dan penghargaan. Mereka sangat takut kehilangan popularitas atau kehilangan kawan. Akibatnya, orang sanguin sangat rawan akan godaan atau cobaan. Mereka akan melakukan hal-hal yang mungkin bertentangan dengan nilai yang mereka pegang demi popularitas atau agar tidak kehilangan kawan.

Sebagai orangtua, orang sanguin akan membuat rumah menjadi tempat tinggal yang sangat menyenangkan. Mereka juga disukai oleh teman anak-anak mereka.

Dalam pekerjaan, orang sanguin tidak suka dengan pekerjaan yang rutin dan maraton. Mereka sangat menyukai kegiatan yang bersifat spontan. Mereka juga tidak berkeberatan untuk menjadi sukarelawan dalam melakukan suatu tugas. Mereka kreatif dan inovatif serta selalu memikirkan kegiatan baru yang menyenangkan. Orang sanguin mempunyai energi dan antusiasme, pandai memberikan ilham bagi orang lain, dan pintar mendorong serta memotivasi orang lain untuk turut bekerja.

1. Kekuatan Pribadi Sanguin

Orang sanguin dapat bersahabat dengan siapa saja dan sangat peduli dengan orang lain. Orang sanguin tidak memilki beban. Mereka selalu terlihat gembira dan bahagia serta sangat menyenangkan untuk dijadikan kawan. Mereka hidup untuk saat ini.

2. Kelamahan Pribadi Sanguin

Orang sanguin sering tidak displin dan tidak menepati janji. Mereka sulit bertahan dalam satu proyek yang rumit dan memakan waktu lama. Rentang fokus mereka pendek. Apa pun jalur karier yang mereka pilih, mereka selalu tidak puas. Mereka terlalu menikmati perubahan. Saat mereka pulang dari dokter, mereka berpikir untuk menjadi dokter. Saat mereka turun dari pesawat, mereka berpikir untuk menjadi pilot.

Orang sanguin tidak mengalami kesulitan dalam berbicara dengan orang lain, tetapi mengalami kesulitan untuk mendengarkan orang lain. Mereka selalu bercerita dengan penuh semangat sehingga lupa memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara.

Seorang sanguin sering terlihat tidak stabil dan tidak disiplin. Mereka sangat impulsip dalam pola perilakunya. Karena mereka sangat rileks, tanpa beban, maka mereka tidak bisa melihat kebaikan atau keuntungan dari displin diri.

Orang sanguin juga mempunyai kecenderungan untuk membesar-besarkan sesuatu. Hal itu didasari oleh keinginan mereka untuk bisa mendapatkan perhatian dan popularitas. Jangan pernah menceritakan rahasia Anda pada orang sanguin. Rahasia Anda ini akan dengan cepat menjadi rahasia umum karena ulah orang sanguin yang terlalu suka berserita. Mereka cenderung bertindak sebelum berpikir, dan terkadang kurang tegas sehingga sering diperalat oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar